Penghargaan 22 Pemain Legendaris Indonesia

Demo, MARGASATWA – Penyelenggara tak ingin setengah-setengah menghelat final Copa Dji Sam Soe besok. Sebelum kick-off mulai pukul 17.00 WIB, sponsor utama akan memberi penghargaan bagi 22 pemain legendaris sepak bola nasional. Mulai dari generasi Maulwi Saelan, Iswadi Idris, Ricky Yacobi, Robby Darwis, maupun Widodo Cahyono Putra.”Penghargaan ini merupakan salah satu bentuk apresiasi kami kepada mantan pemain sepak bola. Mereka pernah mengharumkan nama Indonesia di pentas internasional. Tak hanya itu, aksi-aksi mereka juga masih menjadi pembicaraan banyak orang. Ini menunjukkan kalau mereka diidolakan oleh masyarakat,” jelas Henny Susanto, product group manager PT HM Sampoerna Tbk, mewakili pihak sponsor, kemarin.

Di tempat terpisah, salah satu legenda sepak bola Ronny Pattinasarany menyambut gembira apresiasi yang diperolehnya maupun rekannya lain. Hal itu menunjukkan bahwa ternyata masih ada pihak-pihak yang peduli dengan keberadaan mereka.

“Kami berterima kasih karena tetap ada yang ingat dan memberi penghargaan kepada kami. Saya yakin kepedulian terhadap mantan bintang Indonesia juga dipikirkan oleh yang lain. Terutama dari PSSI. Saya berharap ini bisa menjadi tradisi bagi PSSI karena mereka yang memiliki para mantan pemain itu,” jawab mantan pemain era 70-an ini.

Ditambahkannya, ini baru kali pertama dalam sejarah mantan pemain mendapat undangan menyaksikan pertandingan dan menjadi tamu kehormatan. Selama ini, banyak mantan pemain harus mencari tiket sendiri bila ingin menonton dan sering kali mereka ditolak masuk. Bahkan mereka kadang dibantu wartawan untuk masuk stadion.

Ini memang kelihatannya sepele, tapi bermakna sekali. Ke depan, PSSI mungkin bisa menyediakan tiket terusan seumur hidup kepada legenda sepak bola nasional. Paling berapa yang dikeluarkan PSSI untuk hal seperti itu,” tambahnya sambil berharap tak hanya 22 pemain yang mendapat penghargaan.

Selain penghargaan bagi pemain legenda, juga akan digelar Grand Final Tendangan Sudut Dji Sam Soe berhadiah Rp 27 juta. Ini merupakan puncak dari acara sebelumnya. Pada tiap pertandingan Copa, selalu digelar games tendangan sudut berhadiah Rp 10 juta bagi penonton. “Peserta diambilkan dari sembilan pemenang dari babak-babak sebelumnya,” jelas Henny.

Tak hanya itu, hiburan musik juga ada. Diawali penampilan Ratu (jeda pertandingan) dan grup musik era 80-an God Bless setelah pertandingan selesai. “Bagi penonton juga dimanjakan dengan LED screen (ukuran 4x12m) yang memberi kemudahan mereka dalam melihat susunan pemain, statistik maupun replay goal,” terangnya. (*/jpnn)

Daftar 22 Pemain Legenda
Nama Posisi Karier Timnas Julukan

Maulwi Saelan Kiper 1951 – 1958 Benteng Beton
Yudo Hadianto Kiper 1961 – 1974 Papi
Yuswardi Bek Kanan 1967 – 1974 Ajo
Simson Rumahpasal Bek Kanan 1975 – 1982 Palang Pintu
Yohanes Auri Bek Kiri 1975 – 1985 Black Silent
Didik Darmadi Bek Kiri 1978 – 1986 –
Anwar Ujang Stopper 1965 – 1978 Beckenbauer
Robby Darwis Stopper 1985 – 1997 Irung
Ronny Pattinasarany Libero 1970 – 1982 Si Kurus
Herry Kiswanto Libero 1985 – 1993 Akang
Iswadi Idris Gelandang 1968 – 1980 Si Bos/Boncel
Junaedi Abdillah Gelandang 1968 – 1983 Pet
Zulkarnaen Lubis Gelandang 1983 – 1986 Maradona
Rully Rudolf Nerre Gelandang 1977 – 1989 Jean Tigana
Nobon Kayamudin Gelandang 1971 – 1979 Biang Kerok
Surya Lesmana Gelandang 1963 – 1972 Jango Jakarta
M Basri Gelandang 1962 – 1973 Teta
Tio Him Tjiang Gelandang 1951 – 1958 –
Risdianto Penyerang 1971 – 1981 Gayeng
Bambang Nurdiansyah Penyerang 1979 – 1986 Gerd Muller
Ricky Yakobi Penyerang 1982 — 1993 Paul Marinir
Widodo C. Putra Penyerang 1991 — 1996 –

Advertisements

25 thoughts on “Penghargaan 22 Pemain Legendaris Indonesia

  1. […] Sumber: Bolaindo […]

  2. Sekretariat Mlg Selatan July 24, 2008 at 10:32 am Reply

    good choices

  3. […] Ronny Pattinasarani adalah salah satu pemain sepakbola terbaik yang pernah dimiliki Indonesia. Beliau mendapatkan penghargaan sebagai salah satu dari 22 pemain terbaik Indonesia.  […]

  4. bhaskara January 24, 2009 at 4:36 am Reply

    BAGAIMANA DG YANG LAIN :
    ABDUL KADIR (KANCIL), RISDIANTO(GARENG), JUNAEDI ABDILAH,ANDILALA, ANJAS ASMARA, JACOB SIHASALE, ANWAR UJANG, rony paslah ,simson rumahpasal, timo kapisa, johanes auri, dan banyak lagi yang saya lupa mereka juga pernah mengharumkan nama indonesia dulu.

  5. hendry April 20, 2009 at 4:56 pm Reply

    Sebuah terobosan bagus…mudah2an menjadi awal untuk para “pahlawan” olahrga, agar mendapat tempat dan penghargaan setelah pensiun dari dunia olahrga..
    jangan ada lagi kabar, mereka harus menjual medali emasnya demi menyambung hidup atau mungkin menjadi pengedar narkoba…
    mereka punya jasa besar dalam mengharumkan nama bangsa INDONESIA…

  6. […] Penghargaan 22 Pemain Legendaris Indonesia MARGASATWA – Penyelenggara tak ingin setengah-setengah menghelat final Copa Dji Sam Soe besok. Sebelum kick-off mulai pukul 17.00 WIB, sponsor utama akan memberi penghargaan bagi 22 pemain legendaris sepak bola nasional. Mulai dari generasi Maulwi Saelan, Iswadi Idris, Ricky Yacobi, Robby Darwis, maupun Widodo Cahyono Putra.”Penghargaan ini merupakan salah satu bentuk apresiasi kami kepada mantan pemain sepak bola. Mereka pernah mengharumkan nama Indonesia di pentas internasional. Tak hanya itu, aksi-aksi mereka juga masih menjadi pembicaraan banyak orang. Ini menunjukkan kalau mereka diidolakan oleh masyarakat,” jelas Henny Susanto, product group manager PT HM Sampoerna Tbk, mewakili pihak sponsor, kemarin. […]

  7. kevin September 27, 2009 at 5:41 am Reply

    mengapa tidak memasukkan nama Andy lala, hadi ismanto? atau aji santoso sekalian? bukankah mereka adalah pemain yang hebat pada jamannya.

  8. bang ien December 26, 2009 at 4:12 am Reply

    kenapa ikon penjaga gawang pssi garuda HERMANSYAH dan ikon striker pssi primavera KURNIAWAN DWI JULIANTO tidak diberikan penghargaan pemain legendaris ???????, pantas dong mereka diberi penghargaan….,bravo pssi road to world cup 2022.

  9. Ryan RUSSIA May 25, 2010 at 7:44 am Reply

    WHERE RAMANG??

  10. DG BAC0 "makassar" June 24, 2010 at 4:31 pm Reply

    How ramang. Ramang pemain asal makassar pernah mengharumkan nama bangsa pada piala asia. Dengan tendangan kaki kirinya dia bisa membengkokan tiang gawang. Dan anak psm sekarang dijuluki dengan pasukan ramang

  11. Carilagump3 July 13, 2010 at 6:11 am Reply

    Download mp3 disini ya.. CariLaguMp3.com

  12. Baddu Ramang October 31, 2010 at 8:32 am Reply

    kurang lengkap……… kami warga makassar selalu merasa di pojokkan…. dikala kerusuhan yang mulanya di picu hal spele kemudian media membesar-besarkan….
    skarang, saat kami memiliki pahlawan olahraga yang pernah memperkenalkan indonesia hingga ke luar negri dan membuat mereka mengakui skuad TIMNAS, kami kemudian di lupakan…….. dimana nama RAMANG…??? dimana nama penyemangat kami……. tidak selamanya kami kasar……… kami pun punya rasa peduli…….. pantas sekali kalo negara indonesia tidak bisa maju ke piala dunia.. pahlawannya semua di lupakan………….

  13. Titisan Ramang October 31, 2010 at 8:37 am Reply

    EWAKO MAKASSAR……….. EWAKO PSM…………

  14. reno sugiwanto January 16, 2011 at 10:10 am Reply

    sayang bgt nama bokap gw ga ada di atas.padahal pada jamannya itu bokap gw dianggap sebagai pemain berbakat.dia satu tim sama om bertje matulapelwa,pelatih legendaris indonesia itu.mereka dalam 1 tim yg kata bokap gw tim itu namanya maluku,maluku adalah perserikatan persija.yg mungkin cuma sebagian org aja tau.oh iya nama bokap gw adalah YANTO PONIMAN atau dulu lebih di kenal dengan nama PONIMAN aja.bokap berhenti dari sepakbola karena tulang dengkulnya pecah jadi 4.om bertje pula yang gotong bokap gw dari rumah sakit untuk pulang kerumah.sayang bener bokap ga bisa kaya temen2nya yg laen.tp gw tetep bangga ma bokap,karena setidaknya dia pernah bermain dengan beberapa org legenda sepakbola indonesia

  15. Adham January 16, 2011 at 7:48 pm Reply

    Benar kata alm Ramang, kuda pacu lebih dihargai dibanding pemain sepak bola.

  16. ANGGI MAULANA January 27, 2011 at 12:54 pm Reply

    allhamdulillah SSB PSV SPURS yg terletak terpencil di CIKAMPEK
    di latih oleh pemain legendaris indonesia yaitu ANWAR UJANG yg julukannya adalah BECKENBAUER,saya senang bisa di latih oleh beliau……….THANKS TO ANWAR UJANG

  17. fajar February 5, 2011 at 7:34 am Reply

    kapan mau ngelatih di purnama

  18. riiiz April 10, 2011 at 8:29 am Reply

    bagaimana dengan ramang??? yang pernah di takuti di dunia dgn insting mencetak goal.a????

  19. Gareng May 27, 2011 at 4:49 am Reply

    mereka memang pemain yang hebat pada generasi masing masing di indonesia.. tapi kenapa nama sutjipto soentoro tidak ada ? kelupaan atau memang kwalitas beliau di bawah mereka yang ada pada daftar di atas.. ? ada yang bisa bantu penjelasan ?

  20. Sirathmovich July 16, 2011 at 5:42 am Reply

    Bravo Sepak Bola Timnas iNDONESIA
    Selamat buat Bang Is
    Sebagai Pemain Sepak Bola pertama yang di kontrak oleh klub asing
    Salam Aneuk Tanoh Rincong

  21. heri August 30, 2011 at 4:25 pm Reply

    Saya setuju dengan pencalonan nama ramang..bapak saya aja yg orang jaman dulu kalo pemain sepakbola taunya aja cuma ramang?? padahal beliau orang jawa..bukan makassar..

  22. erlangga danny October 5, 2011 at 12:41 pm Reply

    bagaimana dgn soetjipto soentoro(gareng)? Padahal ia merup. striker timnas indonesia yg pernah ikut asia all stars era 1966-1970 dan dribblenya yg dpt menerobos pertahanan lawan

  23. lomba puisi December 25, 2011 at 5:24 am Reply

    Wah2, Kapan yah timnas kita bisa berjaya lagi kayak dulu..

  24. Muhammad Asril March 4, 2013 at 1:37 pm Reply

    RAMANG mana, yang membengkokan tiang gawang sa’at piala asia beliau juga termasuk legenda SEPAK BOLA INDONESIA dan mampu menjadikan TIMNAS INDONESIA ditakuti di lefel internasional

  25. Muhammad asril March 8, 2013 at 5:29 am Reply

    Mana Ramang yang sangat ditakuti oleh lawan pada masanya dan mampu membengkokkan tiang dengan tendanganx pada piala Asia

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: