Timo Kapisa Tutup Usia

JAYAPURA- Seluruh pecinta Persipura kehilangan salah satu pemain terbaiknya Timo Kapisa yang telah dipanggil Yang Maha Kuasa Senin (9/7) kemarin di RSUD Biak karena sakit, setelah disemayamkan di Yenures Pantai, kemarin jenazah diberangkatkan dengan KM Nggapulu pukul 12.00 WIT untuk di makamkan di Manokwari.Sebelum akhir hayatnya Timo sendiri masih tercatat sebagai pelatih Galanita PSBS Biak, bahkan dia termasuk salah satu penasehat tim sewaktu PSBS Biak berlaga di divisi II.
Salah satunya adalah Hengki Rumere, mantan pemain Persipura era 70 an yang menjadi rekan satu tim di Persipura bersama almarhum mengaku Timo Kapisa merupakan salah satu pemain yang luar biasa dalam tim Persipura ketika itu, pasalnya almarhum merupakan salah satu penyerang (striker) yang mempunyai mobilitas yang tinggi.
“Saya lihat sampai saat ini belum ada yang mampu menyamai prestasi almarhum, yang mendekati mungkin Cuma Boaz,” kata Hengki Rumere ketika ditemui Cenderawasih Pos kemarin.
Menurutnya, walaupun telah pergi, namun pemain yang pernah merumput bersama warna Agung (klub Galatama Jakarta) tetap akan dikenang di sebagai anak bangsa yang pernah membawa piala presiden bersama Persipura.
“Waktu tahun 1974 kami ada empat orang yang masih usai muda bermain di Persipura ketika itu, pertama Almarhum Timo Kapisa, Almarhum Levi Doom, Tinus Heipon dan Saya sendiri (Hengki Rumere),” kenangnya.
Sementara itu mantan pesepakbola nasional dan Papua Rully Nere juga mengaku kehilangan besar mantan pelatih PKT Bontang itu, karena almarhum merupakan pemain yang disiplin dan mempunyai teknik bola yang tinggi.
“Kami kehilangan besar bagi persepakbolaan Papua dan Nasional karena kak Timo juga mempunyai naluri mencetak gol yang tinggi dan pernah bermain di klub Warna Agung Jakarta (1997-1981) dengan Roni Patinasarani, Risdyanti, Simson Rumapasai,” sebut Rully Nere ketika dikonfirmasi Cenderawasih Pos kemarin.
Ditambahkan Rully Nere bahwa pernah dalam suatu pertandingan kakak Timo pernah mencetak tujuh gol waktu itu untuk Warna Agung ketika membantai Tunas Inti Jakarta di Stadion Tambaksari Surabaya “Almarhum juga bawa Persipura juara Suharto Cup ’76 dan timnas di Saigon Vietnam,” terangnya.
Sementara itu, Ketua Umum Persipura Jayapura, Drs. M.R. Kambu, M.Si, ketika dihubungi, tadi malam, menuturkan, sesosok Timo Kapisa yang tergabung dalam the dream, team, merupakan Roh (Termasuk teman-temannya) dari Tim Persipura Jayapura saat itu.
Sebab, pada jamannya itu, dengan begitu kentalnya kecintaan terhadap Tanah Papua, dia mau berjuang, mengabdi dan berkorban untuk mengharumkan nama Papua, melalui potensi yang dimilikinya.
“Sesosok Timo maupun rekan-rekan adalah anak Papua yang bekerja keras, tanpa pamrih, untuk membawa Tim Persipura menang pada saat itu. Dialah rohnya Peripura. Itu terbukti Piala Presiden waktu itu mati ditangan Persipura,” kata Kambu.
Untuk itu, ia menyatakan, biarlah nilai perjuangan, pengabdian, perngorbanan, Timo dan kawan-kawannya, dapat menjadi panutan dan contoh bagi masyarakat di tanah ini, terutama mereka yang mengharumkan nama Papua dibidang sepak bola.
Ia menilai, saat ini, belum ada sesosok pemain yang memiliki karakter seperti Timo, Yohanes, Cs. Sebaliknya saat ini banyak orang/pemain bola lebih banyak menuntut dari pada memberi kontribusi, hal itu dapat dilihat dari nilai-nilai kontraknya.
“Seeorang yang berjuang, dan berkorban tanpa menuntut, orang itu namanya akan tetap terpatri sepanjang masa dalam setiap sanubari masyarakat tanah Papua ini,” imbuhnya.
Secara pribadi maupun mewakili pengurus mengucapkan selamat jalan, dan doa seluruh pengurus Persipura selalu menyertai perjalanannya. Dan kepada keluarganya yang ditinggalkan hendaknya selalu tabahkan dan kuatkan hatinya, dan rela melepaskan kepergian Timo Kapisa.(tin/nat/nls)

Advertisements

One thought on “Timo Kapisa Tutup Usia

  1. Jufri November 15, 2011 at 1:28 am Reply

    Jgn lupakan RAMANG donk,krn dia jg pejuang timnas,and ga ada yg sehebat dia sampai skrg

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: