Socrates Lumayan Menawan dan Menang

Kompas 26 Januari 1983. Tunas Inti vs Corinthians 2-3. Meski tampil tak seistimewa yang mungkin diharapkan sekitar 40.000 penonton,Corinthians toh masih tetap memukau dan cukup pantas menundukan Klub favorit Juara Galatama Tunas Inti 3-2 (3-1) di Stadion Utama Senayan,Kamis Malam.

Gol tamu diciptakan Mauro pada menit ke-8,Socrates menit ke-16 dan Casagrande menit ke-24.Gol balasan tuan rumah tercipta pada menit ke-40 melalui Rully Nere dan eksekusi pinalti oleh Riono Asnan menit ke-62 akibat hands ball Ronaldo Da Silva. Masih tampak letih akibat lawatan panjang dari Jepang dan Hongkong, Corinthians memberi cukup banyak pelajaran bermanfaat pada Tunas Inti.

Terutama pada babak pertama, para pemain negara samba yang memang satu kelas di atas lawannya itu,tanpa banyak kesulitan mampu merajalela diseluruh lini dengan operan operan akurat,intersepsi yang penuh perhitungan dan akselerasi lumayan tinggi.

Lini belakang yang dipimpin stopperMauro bermain solid,sering dengan udah membaca serbuan Rully nere,Robby Binur,mansyur Ngawaro dan Wahyu Tanoto.Ditengah kemampuan Zenon dan Biro Biro mengalirkan serangan ke depan,Dibantu socrates yang lebih banyak berperan sebagai gelandang menyerang,jelas mendominasi.Sementara dua sayap yang sesekali berganti posisi,Ataliba dan Eduardo cukup impresif.Demikian pula ujung tombak Casagransde yang rajin menjelajah hingga harus ditempel oleh lebih dari satu pemain belakang lawan.

Socrates

Socrates berhasil menjual penampilannya,meski tidak penuh,hingga sering mengundang decak kagum penonton.Beberapa kali ia memperagakan nilai lebihnya sebagai jenderal di lapangan tenagah,bahkan beberapa kali berubah oeran menjadi ujung tombak yang tak bisa diremehkan.Misalnya ketika pertandingan baru berlangsung tiga menit,Socrates mendadak berada sedikit di luar kotak pinalti dan mensalto bola,namun melayang setengah meter diatas mistar.

belum lagi teknik permainan yang tinggi.Misalnya beberapa kali menendang bola dengan tumit,mengeksekusi tendangan bebas dengan keras dari jarak jauh.Juga gerak tipu dengan atau tanpa bola yang membuat siapapun yang menawalnya akan terkecoh.Tapi diatas itu semua,Socrates mempertontonkan bagaimana bermain bola dengan sederhana.Sebagai pemain berbakat ditambah status cukup keren sebagai dokter yang tentunya punya intelektual lumyan,tanpa perlu susah payah Socrates memanfaatkan ruang.Bola lebih banyak berlari,sementara Socrates yang pernah dibujuk pindah ke salah satu klub elit di Italia itu dengan seenaknya berlari santai dan ogah ogahan. Ia hanya menyentuh bola sekali dua,lebih banyak mendistribusikan kepada rekan-rekannya.Kompas mencatat Ia melakukan itu sebanyak 28 kali ketika bola mampir ke kakinya.Sementara hanya 7 kali menggiring bola sembari melewati blocking lawan.

Grogi

Tunas Inti sendiri bermain lumayan,hanya kiper Sudarno yang entah mengapa nampak grogi dan serba salah hingga tiga gol menjebolkan gawangnya hanya dalam waktu 24 menit pertama.Semua lebih banyak disebabkan oleh antisipasinya yang selalu terlambat,hingga menit ke-26 diganti Bonar Tobing yang tampil lebih baik.

Gol pertama berasal dari tendangan penjuru,yang disambar pemain belakang Mauro yang ikut menyerbu ke depan.Ia memenangkan duel di udara itu,sedangkan Sudarno hanya mampu mneyergap angi.Setelah gol ini Tunas Inti yang mulai dicemooh penonton,tersentak.Beberapa kali serbuan Robby Binur dan Rully Nere serta Wahyu Tanoto yang sering menyerbu sendirian,cukup membuat benteng lawan bekerja keras.

Tapi malah gebrakan lawan kembali mengejutkan Tunas Inti tatkala gol kedua lahir yang berawal dari rangkaian serangan.Socrates berhasil memanfaatkan bola liar didalam kotak pinalti, dan dengan cerdik menembak ke pojoknatas kiri gawang Sudarno.Enam menit kemudian,Casagrande,meski dikawal ketat Thalib Rajab,membobolkan gawang Tunas Inti dengan tendangan volly yang menusuk pojok kiri atas gawang.

Rully Nere

Gol demi gol yang diciptakan Corinthians ini membuat Tunas Inti yang tak perlu lagi takut kalah,berubah agresif.Tapi karena serba terburu buru dan ngotot,akhirnya peluang sering gagal dimanfaatkan.Misalnya Robby Binur yang memperolah pelaung emas pada menit ke-37,terlambat sepersekian detik menyambar bola sodoran Rully Nere didalam kotak pinalti.

Tiga menit kemudiabalasan Tunas Inti lahir juga melalui serbuan tunggal Rully Nere yang dengan berani menggiring bola ke kotak pinalti.Meski dijepit Mauro dan Juninho,sambil menjatuhkan badan Rully Nere menggulingkan bola pelan melewati sergapan kiper Carlos.

Pada babak kedua,Tunas Inti tampil lebih baik,tertutama berkat Ronny Patinasarani mulai berani ikut menyerang.Beberapa kali Ronny dan juga Riono Asnanmembuka peluang untuk barisan depan.Tapi pertahanan lawan terlalu ampuh untuk ditembus.Apalagi serangan Rully Nere,Robby Binur,Mansyur Ngawaro dan Stephanus Sirey yang saling bahu membahu,kurang terarah karena stamina sudah tak lagi mendukung. Meski Tunas Inti dengan sempurna sempat mempergakan latihan fisik sebelum bertanding,yang mengundang tepuk tangan penonton.

Pemain:

Corinthians

Carlos/Solito,Ronaldo da Silva,Wladimir Rodriguez,Biro biro/Paulinho,Mauro/Paulo Cesar,Juninho/Wagner,Ataliba,Socrates,Casagrande/Jota Mario,Zenon,Eduardo/Luiz Fernando.

TUnas Inti

Sudarno/Bonar Tobing/Anthonius Cahyono,Ronny Patinasarani,Thalib rajab,Aun Harhara,Riono Asnan/Rusdin Lacanda,Stephanus Sirey,Rully Nere/Jeffry Pranata,Mansyur Ngawaro,Robby BInur,Wahyu Tanoto/Rani Ngawaro.

Advertisements

2 thoughts on “Socrates Lumayan Menawan dan Menang

  1. Anjas October 17, 2010 at 2:01 pm Reply

    Matap gan… tp ad koreksi gan,, Bokap gw (Rany Ngawaro) masuk gantiin Jeffry Pranata gan..

    • fulipala July 31, 2017 at 6:38 pm Reply

      Halo Anjas, betul kamu anaknya Rani Ngawaro? Saya boleh minta kontak (wa atau apapun itu) ? Hanya utk nanya2 ttg Rani Ngawaro. Trims

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: