Meninggal Dunia Siti Menara Saidah Chaerul Saleh

Tempo 03 Juni 1978. HAJI Johanna Siti Menara Saidah Chaerul Saleh — L. Datoek Toemenggoeng meninggal Sabtu, 19 Mei yang lalu. Teman-teman dekatnya biasa memanggilnya dengan sebutan zus Yo dan masyarakat sekelilingnya biasanya memberi panggilan kepada almarhumah Ibu Yo Chaerul Saleh.

 

chaerul saleh

chaerul saleh

Ibu Yo semula menderita kanker payudara. Beberapa bulan yang lalu menjalani operasi dan sukses. Tapi benalu kanker ini akhirnya toh menyerang paru-parunya. Itu diagnose dokter di bulan Pebruari. Bulan berikutnya Ibu Yo dirawat secara intensif di rumah sakit. Pertengahan April pulang ke rumah dan hanya bisa berbaring saja di rumah. “Fisiknya terlalu lemah,” ujar salah seorang anak angkatnya “kalau berbicara agak lama dengan para tamu, ibu akan tampak letih sekali.”

 

Wakil Presiden Adam Malik memang pernah menawarkan kepada almarhumah untuk berobat ke luar negeri. Tapi telah ditolak tawaran itu. Apapun yang terjadi, Ibu Yo lebih senang berada di dalam negeri. “Dan ibu tampak sudah pasrah,” tutur si anak angkat. Lahir di Jakarta 58 tahun yang lalu, gadis Johanna menikah dengan pemuda Chaerul Saleh di tahun 1940.

 

Semasa hayatnya, almarhumah pernah jadi guru taman kanak-kanak, guru SD, jadi wartawati Antara (desk Dalam Negeri) dan bekerja di Jawatan Penerangan Jawa Barat. Di masa revolusi fisik, Ibu Yo anggota Laswi yang berani. “Dia penghubung kami yang cekatan dan berani,” ujar Haji Aseni, orang Jakarta yang juga aktif dalam Barisan Pelopor.

 

 Kemudian Ibu Yo duduk sebagai Ketua I Dewan Harian Daerah, Angkatan ’45 DKI Jaya. “Ibu tidak meninggalkan pesan apa-apa,” ujar salah seorang anak angkatnya lagi. Perkawinannya dengan almarhum Chaerul Saleh tidak dikaruniai anak. “Hanya satu permintaannya, Ibu minta dimakamkan di samping kuburan suaminya.”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: